Selasa, 19 Januari 2010

ASTEROID


Para ahli astronomi berpendapat bahwa sistem tata surya kita berawal dari gumpalan gas dan debu. Gravitasi menarik bagian-bagian gumpalan tersebut bersama guna membentuk matahari dan sembilan planet. Para astronom berpendapat bahwa asteroid terbentuk dalam gumpalan tersebut tetapi tidak akan berkembang menjadi planet.

SEBERAPA BESARKAH ASTEROID ITU?

Terdapat ribuan asteroid dengan bentuk yang beraneka ragam. Asteroid terbesar yang pernah ditemukan adalah Ceres. Ceres besarnya lebih dari 600 mil (1.000 kilometer). Para astronom telah menemukan kurang lebih 200 asteroid yang melintas lebih dari 60 mil (100 kilometer). Asteroid-asteroid lainnya lebih kecil. Ada yang besarnya hanya beberapa kaki.Para astronom ingin tahu apakah dahulu pernah ada beberapa asteroid besar saja. Asteroid-asteroid besar tersebut saling bertabrakan satu sama lain. Tabrakan tersebut akan menjadikan asteroid-asteroid tersebut terbagi dalam pecahan-pecahan kecil, seperti yang kita lihat sekarang.Beberapa asteroid berbentuk bundar. Beberapa asteroid lainnya berbentuk panjang dan kasar (tak tetap). Beberapa asteroid bahkan ada yang memiliki satelit-satelit kecil yang bergerak mengelilinginya.

DI MANAKAH LETAK ASTEROID DI LUAR ANGKASA?

Asteroid berputar mengelilingi, atau melakukan orbit terhadap, matahari seperti halnya planet. Hampir semua asteroid melakukan lintasan orbit dalam sabuk asteroid (asteroid belt). Sabuk asteroid ini lebih jauh dari orbit Matahari dibandingkan orbit bumi. Sabuk ini berada di antara orbit-orbit planet Mars dan Jupiter.Terkadang asteroid berubah lintasan orbit dan keluar dari sabuk asteroid. Asteroid-asteroid ini melintasi orbit-orbit planet ketika planet-planet tersebut berputar mengelilingi matahari. Beberapa asteroid juga ada yang melintasi orbit bumi.

BAGAIMANA PARA ASTRONOM MEMPELAJARI ASTEROID?

Asteroid normalnya berukuran sangat kecil dan sangat jauh untuk dilihat dengan mata telanjang kita. Para astronom mempelajari asteroid dengan menggunakan teleskop. Mereka juga mengirimkan pesawat luar angkasa untuk melihat lebih detail pada beberapa asteroid. Sebuah pesawat luar angkasa dengan nama Near-Earth Asteroid Rendezvous (NEAR) Shoemaker benar-benar mendarat pada sebuah asteroid pada tahun 2001.Para astronom telah menemukan bahwa hampir semua asteroid pada dasarnya terbuat atau berasal dari batu. Beberapa asteroid ada yang bahan dasarnya adalah logam. Para astronom berpendapat bahwa asteroid-asteroid yang terbuat dari logam pasti meleleh selama beberapa waktu. Logam cair tersebut berkumpul bersama pada pusat asteroid. Hampir semua bagian yang berbatu selanjutnya terpisah dari asteroid, dan meninggalkan logam tersebut. Apa yang telah melelehkan asteroid-asteroid logam tersebut masih menjadi misteri.

BISAKAH ASTEROID MENABRAK BUMI?

Para astronom berpendapat bahwa beberapa ribu asteroid memiliki orbit yang pada suatu saat bisa menjadikan asteroid-asteroid tersebut menabrak Bumi. Asteroid pernah menabrak Bumi di waktu lampau. Masyarakat telah menemukan ribuan meteorit (bebatuan dari luar angkasa) yang menabrak atau memasuki Bumi. Kebanyakan meteorit adalah pecahan-pecahan asteroid. Terdapat kawah super besar (crater) di Arizona, yakni lebih dari satu setengah mil (sekitar satu kilometer). Kawah tersebut terbentuk ketika meteor menabrak Bumi.Asteroid yang menabrak Bumi telah memusnahkan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan menemukan sebuah kawah meteorit besar di sekitar Semenanjung Yukatan di Meksiko. Mereka berpendapat bahwa asteroid yang menciptakan kawah tersebut telah memusnahkan dinosaurus. Setelah asteroid menabrak bumi, gumpalan awan debu yang sangat besar telah menutupi Bumi. Bumi menjadi sangat dingin. Tanaman yang menjadi makanan dinosaurus mati. Karena dinosaurus pemakan tumbuhan mati akibat tidak adanya sumber makanan, maka dinosaurus pemakan daging akan kehabisan bahan makanan dan akhirnya mati juga.Para ilmuwan membuat sebuah sistem guna memperingatkan kita akan adanya asteroid yang akan memasuki Bumi. Apabila mereka mampu menemukan satu sistem seperti itu maka mereka mampu meledakkan asteroid.

Sumber: Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.

Tulisan ini sudah pernah saya posting di site saya yang dulu: www.orchidyaandwoodlanders.blogspot.com. Cuma karena sibuk kerja, belum sempat posting entri-entri baru, akhirnya password untuk sign in di orchidyaandwoodlanders lupa. duh, kasian...
then, we decide to create a new blog. hope this brings you the joy. have a great day!!

by Nnk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut