Jumat, 22 Januari 2010

PLTU 1 Jawa Tengah, Coal-Fired Steam Power Plant 2x (300-400MW), Rembang, Jawa Tengah



PLTU 1 Jawa Tengah yang berlokasi di Desa Leran & Desa Trahan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari program percepatan 10.000 MW dengan tujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga minyak di dalam negeri akibat kenaikan harga minyak dunia sehingga diperoleh biaya pokok produksi pembangkit yang lebih murah (PLTU Rembang ini nantinya menggunakan batu bara berkalori rendah). Penghematan yang diperoleh diprediksikan adalah sebesar 4 trilyun rupiah per tahun [lumayan juga ya...tp klo dibagiin ke seluruh rakyat Indonesia, mungkin kita cuma dapat seperratus ribunya..haha..juz a joke). Tujuan lain yang ingin dicapai adalah meningkatkan mutu dan keandalan sistem penyediaan, penyaluran, dan pelayanan listrik kepada masyarakat di wilayah kelistrikan Jawa-Bali.

Batubara yang digunakan untuk menyuplai PLTU ini per tahunnya akan menghabiskan kurang lebih sebesar 2.160.000 ton dan sistem angkut & unloadingnya menggunakan barge/tongkang melalui jetty (sarana pelabuhan khusus bongkar muat batubara). Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTU ini nantinya akan disalurkan melalui Saluran UDara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV ke Gardu Induk 150kV Rembang, Gardu Induk Pati, dan Gardu Induk 150 kV di sekitarnya.

Owner proyek ini adalah PLN, sedangkan main contractor dipegang oleh JO Zelan-Priamanaya Joint Operation. Luas area dari hasil ukur yang ada adalah 549.608 meter persegi. PT PLN (Persero) Jasa Enjiniring menghandle design review dan approval drawing, supervisi konstruksi diserahkan kepada PT PLN (Persero) Jasa Manajemen KOnstruksi, SUTT 150kV terkait PLTU Rembang oleh PT PLN (Persero)Pikitiring JBN, sedangkan Sertifikasi & Komisioning oleh PT PLN (Persero)Jasa Sertifikasi.
Jasa Konsultan QA/QC dipegang oleh Black & Veatch International Company Joint Operation dengan Konsorsium PT Jaya CM, PT Emka Rekayasa Energi, dan PT Kwarsa Hexagon.
Peralatan Utama untuk PLTU ini adalah sebagai berikut: Boiler disuplai oleh Dongfang Boiler Group Co., Ltd, Steam Turbine oleh Dongfang Steam Turbine Works, Generator oleh Dongfang Electric Machinery Co. Ltd, Cooling Water System, Coal Ash Handling System, Electric Generator Equipment, dan Pelabuhan Khusus.

Nnk dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut